Sunday 23 November 2014

Tile map Class dengan SFML

    Post ini akan mambahas tentang class file Tile Map. Gunannya, class ini adalah untuk membuat map dengan mudah dan tersusun. Contohnya, pada map - map RPG atau game - game gameboy gitu. tapi, ini class ini hanya membuat tile mapnya saja tidak dengan collision detect.



    Langsung saja ke penjelasan kandungan yang ada dalam class itu, untuk mendownload filenya kalian dapat lihat dibagian akhir.

Class TileMap ini terdapat 2 fungsi yaitu:
1) void load(std::string strTile, sf::Vector2i MapSize, sf::Vector2i tile_size);
2) void draw(sf::RenderWindow &MWindow);

  • Penejelasan fungsi yang ke-1:
    Fungsi ini untuk mengload file map tile yang sudah dibuat yang berupa dengan format txt (nanti mungkin akan ditambahkan fiturnya in shaa allah.). dan juga pada file yang sudah disiapkan itu harus ada nama texture yang dipakai. contoh SS filenya:
    mengerti? jadi, untuk baris pertama adalah nama texture yang dipakai(musti sefolder/sealamat) lalu bawahnya tile map yang sudah disiapkan. (maksud dari x adalah untuk tidak memakai texture apapun).
maksud, dari 0,0 adalah memakai gambar pada kordinat (0, 0) pada texture. kalau x,x itu kosong(diabaikan). kalian dapat memahami lebih lanjut setelah mencoba - coba class ini. 
--Penjelasan parameter:
Prototipe:  
void load(std::string strTile, sf::Vector2i MapSize, sf::Vector2i tile_size);
===========================================================================
strTile: Lokasi file tile map kalian.
MapSize: Besar map.
tile_size: Ukuran texture tile yang dipakai.

  • Penjelasan fungsi yang ke-2:
    Fungsi ini hanya akan menggambarkan data yang sudah di load dengan fungsi load(). (Letakkan fungsi ini di loop game).
--Penjelasan parameter:
Prototipe:
void draw(sf::RenderWindow &MWindow);
===========================================================================
MWindow: Variabel sf::RenderWindow (Window utama) yang akan ditampilkan.

  • Download
Class File: Download(DropBox)
Contoh Project: Download(DropBox)

Itu saja yang saya dapat sampaikan mohon maaf bila terjadi kesalahan atau kekeliruan yang saya buat :).
Oh, dan juga kalian sebelum mencoba file Class atau contoh Project-nya kalian harus mensetting up terlebih dahulu library SFMLnya kalian dapat mengikuti tutorialnya ke mbah gugel atau juga saya akan membuat tutorialnya tapi nanti :P.

No comments:

Post a Comment